Karya Kreatif Bank Sampah Universitas Budi Luhur

Salam Budi Luhur!

Pendamping Bank Sampah Tuti Asmawi

Jakarta – Kegiatan Universitas Budi Luhur pada Bank Sampah dimulai tahun 2013. Namun aktifitas yang dilakukan masih di luar kampus. Kemudian Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro mencetuskan ide sebaiknya Universitas Budi Luhur memiliki Bank Sampah sendiri. Maka pada tahun 2015 diresmikan Bank Sampah Universitas Budi Luhur, dan sejak tahun 2016 digarap lebih serius.

Bank sampah itu sendiri adalah suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif (gotong royong) yang mendorong masyarakat untuk ikut berperan aktif di dalamnya. Bank sampah akan menampung, memilah dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi pada pasar (pengepul/lapak) sehingga masyarakat mendapatkan keuntungan ekonomi dari menabung sampah. “Sampah yang akan diterima yaitu seperti Botol, gelas plastik, kardus, kertas. Setelah itu sampah akan dipilah, ditimbang dan akan dibawa untuk di cacah.” Kata Pendamping Bank Sampah Tuti Asmawi.

Jika ingin kreatif dan produktif yang penting usaha dan kemauan. Untuk pembelajaran tentang membuat kreatifitas dari sampah ini bisa datang langsung ke Galeri Bank Sampah Universitas Budi Luhur ataupun bisa mengundang Ibu Tuti untuk membantu menjelaskan bagaimana caranya, setelah adanya workshop, akan diberikan langsung pelatihan. Hasil kreatifitas yang terdapat di Galeri Bank Sampah Universitas Budi Luhur yaitu mayoritas karya Umi Tuti sendiri dan masyarakat yang umi telah dampingi. Berikut beberapa hasi dari kreatifitas Bank Sampah.

Jika ingin kreatif dan produktif yang penting usaha dan kemauan. Untuk pembelajaran tentang membuat kreatifitas dari sampah ini bisa datang langsung ke Galeri Bank Sampah Universitas Budi Luhur ataupun bisa mengundang Ibu Tuti untuk membantu menjelaskan bagaimana caranya, setelah adanya workshop, akan diberikan langsung pelatihan. Hasil kreatifitas yang terdapat di Galeri Bank Sampah Universitas Budi Luhur yaitu mayoritas karya Umi Tuti sendiri dan masyarakat yang umi telah dampingi. Berikut beberapa hasil dari kreatifitas Bank Sampah. (Penulis: Nurul Husna).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *