Berbagi Hati di Bulan Ramadhan

BERBAGI DENGAN HATI MENEMBUS RUANG DAN WAKTU

BERBAGI DENGAN HATI DI BULAN RAMADHAN
SANTUNAN 375 ANAK YATIM DAN DUAFA SERTA BAKTI SOSIAL
UNIVERSITAS DAN YAYASAN PENDIDIKAN BUDI LUHUR CAKTI

Sekitar seratus duapuluh warga Kampung Belakang Kamal Jakarta Barat yang terdiri dari anak yatim dan duafa, dijemput oleh bis Kampus Universitas Budi Luhur untuk berbuka bersama di kampus pusat Petukangan Utara Jakarta Selatan. Mereka adalah warga binaan Universitas Budi Luhur yang selama setahun terakhir ini telah merasakan banyak manfaat dari pendampingan dan pemberdayaan oleh Universitas. Kehadiran mereka di kampus dalam kesempatan buka bersama ini sangat membahagiakan, “Kita jadi bisa melihat langsung kampus Budi Luhur dan yah itung-itung piknik sambil ngabuburit bareng-bareng”,  kata seorang anak remaja Kamal, sambil tersenyum lebar, mengenai acara ini.

Acara santunan anak yatim dan duafa yang dilaksanakan oleh Universitas dan Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Rabu 22 Juni 2016, di Gedung Biru kampus Petukangan di hadiri oleh 375 anak yatim dan duafa. Mereka penerima santunan adalah, warga di sekitar kampus dan Kamal.

Pembukaan di mulai secara resmi oleh Rektor Universitas Budi Luhur Prof. Hapsoro Tri Utomo. Dalam pembukaannya Rektor menjelaskan ada tiga hal yang penting dalam acara ini yaitu, santunan, buka bersama dan silaturahmi. Ketiganya dapat menjadi jembatan untuk semakin memperkuat nilai-nilai keberbudiluhuran. Acara lain yang di gelar sambil menunggu satu-satunya primadona acara ini yaitu “Adzan Magrib”, berbeda dengan kegiatan menunggu waktu buka yang lain, yaitu adanya acara Sulap dan Dongeng.  Anak-anak sangat menikmati suguhan acara tersebut, sehingga tanpa sadar posisi duduk semakin mengumpul ke tengah ruangan Auditorium.

Sebanyak 375 paket lebaran dan uang diberikan dipenghujung acara setelah buka bersama dan sholat magrib berjamaah selesai.

Berbagi dengan hati di bulan Ramadhan oleh Universitas dan YPBLC, selain pemberian santunan juga pelaksanaan Bakti Sosial di Kampung Belakang Kamal. Pada hari Minggu, 26 Juni 2016, sebanyak 100 paket lebaran dan hampir 400 bingkisan pakaian pantas pakai lengkap dengan sepatu dan tas, di bagikan ke masyarakat di 8 RT di sana.  Sebelum pembagian tali kasih tersebut, terlebih dahulu di lakukan sosialisasi kegiatan lanjutan yang akan dilaksanakan di Kampung Belakang paska lebaran antara lain, Rumah Belajar untuk anak-anak usia sekolah dasar, Klinik Daur Ulang, Rumah Pupuk, Bank Sampah dan Urban Farming. Kegiatan baksos di bagi dua kelompok pagi dan sore hari oleh Universitas Budi Luhur, YPBLC dan KSM Nyiur, sampai seluruh bingkisan habis tersalurkan kemasyarakat, dengan harapan semoga barokah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *