Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merajut Nusantara 2018

Universitas Budi Luhur Turut Serta Dalam Kuliah Kerja Nyata Merajut Nusantara 2018
oleh: Windarto

“Kuliah Kerja Nyata merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai kegiatan intrakurikuler dengan menempatkan mahasiswa antar disiplin ilmu pengetahuan dalam suatu lingkungan dan waktu tertentu” Demikian salah satu sambutan tertulis Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P yang dibacakan oleh Aster Panglima TNI Mayjen TNI Kustanto Widiyatmoko, M.D.A dalam upacara pelepasan Mahasiswa KKN Merajut Nusantara 2018 di Hangar Skadron 17 Wings 1 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta pada 19 Februari 2018.

KKN Merajut Nusantara 2018 merupakan program yang dilaksanakan oleh Kopertis Wilayah 3 DKI Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 251 mahasiswa dari 33 Perguruan Tinggi Swasta yang ada di lingkungan Kopertis Wilayah 3 yang diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Hercules A-1321 milik TNI-AU dari Lanud Halim Perdanakusuma dalam dua sorti keberangkatan pukul 10:00 WIB dan 14:00 WIB. Kegiatan ini juga diikuti oleh 44 Mahasiswa dari 13 Perguruan Tinggi di Malaysia yang diberangkatkan dengan menggunakan pesawat komersil.

Pada kegiatan KKN Merajut Nusantara 2018 ini, Universitas Budi Luhur mengirimkan 10 orang mahasiswa dan 5 orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Ahmad Hapidh (FTI), Cahya Botiwicaksono (FT), Windarto, M.Kom. (DPL-FTI) penempatan di Pulau Buku Limau Reza Anugrah (FISIP), Ujang Adi Bahrudin (FIKOM), Sheptyan (FIKOM), Bintarto Wicaksono, S.P.T, M.Sn. (DPL-FIKOM) penempatan di Desa Lalang
Alfath Dioni (FTI), Oki Saputra (FT), Larasati Nadira Putri (FISIP), Afta Putta Gunawan (FEB), Dhika Purnama Putra, S.I.Kom. (DPL-FIKOM), Widi Wahyudi, S.E, S.Kom., M.M. (DPL-FEB) penempatan di Desa Baru
Ida Rohmatika (FEB) penempatan di Desa Senyubuk dan M. Nur Farid Thoha, S.E, M.Si. (DPL-FEB) sekaligus sebagai Tim Acara.

Dalam acara penerimaan Peserta KKN Merajut Nusantara di halaman Kantor Bupati Belitung Timur, Drs. Burhanudin (Aan) selaku Wakil Bupati Belitung Timur berharap para mahasiswa dapat melaksanakan nilai-nilai pendidikan tinggi untuk diterapkan di tengah masyarakat Belitung Timur. “Sebagai contoh, sejumlah mahasiswa yang juga pernah KKN disini seperti UNS dan UGM, mereka telah‎ memberikan semangat ke masyarakat lokal dan mengembangkan keilmuannya di lokasi mereka KKN,” ujar Aan.

Prof. Dr. Ir. Illah Sailah, MS. selaku Ketua Koordinator Kopertis Wilayah 3, pada acara penerimaan tersebut turut menyampaikan harapannya dengan adanya kegiatan KKN Merajut Nusantara 2018 mampu memberikan pengalaman pembelajaran nyata tentang demografi yang terkait sektor pendidikan, industri kreatif, pariwisata, dan kesehatan di wilayah Blitung Timur dengan maksud untuk mencapai tujuan SDG’s (Sustainable Development Goals) minimal 4 dari 17 tujuan dapat dicapai mahasiswa peserta KKN.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 19 Februari – 03 Maret 2018 dibagi menjadi 4 program yaitu industri kreatif, kesehatan, pendidikan, dan pariwisata serta dilaksanakan di 4 desa yakni Desa Baru, Desa Lalang, Desa Senyubuk, dan Pulau Buku Limau yang terletak di Kabupaten Belitung Timur, Propinsi Bangka Belitung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *