RCBL Tingkatkan Kehidupan Masyarakat Cerdaskan Kehidupan Bangsa

Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Budi Luhur kembali mengadakan kegiatan rutin setiap semester yaitu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Rumah Cerdas Berbudi Luhur.

Rumah Cerdas Berbudi Luhur 11 ini mengusung tema SAKTI (Sehat, Aktif, Kreatif, Teknologi, dan Inovasi) yang dilaksanakan di Kampung Sawah Parongpong, Desa Tegalwangi, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 pekan yakni dari tanggal 31 Januari 2017 hingga 19 Februari 2017. RCBL angkatan 11 ini memilih Kampung Sawah sebagai tujuan dijadikannya tempat Pengabdian Kepada Masyarakat berdasarkan saran dari Bapak Hedi Nurhaedi selaku Ketua Badan Permusyawaratan Desa Tegalwangi, dikarenakan Kampung Sawah kurang mendapat perhatian dari kampung lainnya di desa tersebut.

Pelaksanaan kegiatan yang dibimbing oleh Windarto, M.Kom sebagai Dosen Pembimbing Lapangan ini diikuti oleh 9 peserta diantaranya 7 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komunikasi yakni: Pandu Ardy Pradana, Anisha Aulia Diva, Aulia Rahma, Linda Hartati, Bianca Fianto, Rafli Noor Sukandar, Futra Ramadhanna, dan 2 mahasiswa dari Fakultas Teknologi Informasi yakni: Dewi Irawati, Nindya Rahmawati. Selama 3 pekan kegiatan berlangsung, para peserta juga mendapat pengarahan dari senior RCBL angkatan sebelumnya yaitu: Erin Rahmawati, Imam Haryadi, dan Dimas Nurfitomo.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat RCBL 11 di Kampung Sawah Parongpong ini dibagi menjadi dua jenis program kegiatan yaitu Program Khusus yang difokuskan guna membangun Rumah Baca untuk pertama kalinya serta kegiatan belajar mengajar di Rumah Baca bagi warga Kampung Sawah dan Program Umum diantaranya yaitu:

  1. Penyuluhan Ekonomi Kreatif dan Pemasaran dengan narasumber Dr. Nora Andira Brabo, MBA dan Prita Andini, S.E., M.Akt.
  2. Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Warga bekerjasama dengan Bidan Desa Hj. Aisyah dan Puskemas Menes.
  3. Penyuluhan Pengelolaan dan Daur Ulang Sampah Organik dan Non-Organik, narasumber Hj. Tutik Kasmawi.
  4. Senam Pagi dan Lomba Voli.
  5. Workshop kebersihan dan sikat gigi bagi siswa SDN Alaswangi 1.
  6. Pembuatan Papan Penunjuk Jalan.
  7. Lomba mengaji untuk anak-anak.

Antusiasme dan partisipasi masyarakat sangat terlihat dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan selama 3 pekan ini.

Nursarip, S.Pd mewakili masyarakat Kampug Sawah Parongpong menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan serta ilmu dan pembelajaran yang diberikan kepada masyarakat. Sementara itu, Pandu selaku ketua pelaksana kegiatan ini juga menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan dan penerimaan masyarakat Kampung Sawah Parongpong kepada mahasiswa Universitas Budi Luhur untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat RCBL 11 di kampung terserbut. Dalam kesempatan yang sama, Putri Suryandari, S.T., M.Ars, selaku Wakil Direktur Riset dan PPM bidang Abdimas dan KKN Universitas Budi Luhur berharap kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat Kampung Sawah kedepannya.

Terselenggaranya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat RCBL 11 di kampung Sawah Parongpong, Desa Tegalwangi ini juga tidak lepas dari dukungan Bapak Kiki Maulana Sopa selaku Kepala Desa Tegalwangi, serta Ustadz Armin, Bapak Rudi, Bapak Puri, dan Bapak Salim selaku pemuka warga di Kampung Sawah Parongpong.

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Budi Luhur dengan program Rumah Cerdas Berbudi Luhur kedepannya akan tetap melaksankan kegiatannya baik itu di Kampung Sawah Parongpong ataupun lokasi lain sebagai bagian dari upaya turut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Oleh: Futra Ramadhanna

editor Windarto, M.Kom.

Berita ini juga dimuat di www.indonesianstudy.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *