Peningkatan Kapasitas Masyarakat Se-Jakarta Selatan Melaui Pelatihan Komputer

Kerjasama Budi Luhur dengan program KOTAKU

Universitas Budi Luhur dalam mengemban kegiatan Tridarma perguruan tinggi yaitu, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, berkewajiban memposisikan diri untuk bergabung langsung pada kelompok-kelompok masyarakat guna membantu meningkatkan kualitas masyarakat.

Dalam rangka mendukung kegiatan pemerintah sebagaimana tertuang dalam surat edaran Direktorat Jendral Cipta Karya No : 63/SE/DC/2016, khususnya tentang tujuan bantuan pemerintah untuk mendukung pelaksanaan penanganan permukiman kumuh melalui program “Kota Tanpa Kumuh” (KOTAKU) dengan berbasis Pemberdayaan Masyarakat, Forum Keswadayaan Masyarakat se-Jakarta Selatan bekerjasama dengan Koordinator Kota P2KKP/PNPM-NP melaksanakan kegiatan Pelatihan Komputer guna meningkatkan kapasitas masyarakat khususnya anggota Lembaga Keswadayaan Masyarakat tingkat Kelurahan se-Kotamadya Jakarta Selatan. Kegiatan ini difasilitasi oleh Universitas Budi Luhur khususnya dalam hal Tenaga pengajar dan Laboratorium Komputer berikut fasiltas dan materi ajarnya.

Kegiatan yang diketuai oleh bapak Jufli Nazli, dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 November lalu dan dihadiri oleh 118 peserta se-Kotamadya Jakarta Selatan yang di wakili oleh dua orang dari setiap LKM Kelurahan. Pembukaan dibuka oleh Wakil Direktur bidang Riset dan Abdimas Universitas Budi Luhur dan Wakil Forum Kota Jakarta Selatan.

“Kualitas pengabdian kepada masyarakat sebuah perguruan tinggi, terlihat dari seberapa banyak ilmu yang dimiliki oleh perguruan tinggi tersebut dapat termanfaatkan oleh masyarakat. Sedangkan kuantitasnya tergantung dari seberapa banyak kelompok masyarakat yang membutuhkan untuk dibantu dalam peningkatan kualitas sumberdayanya, merasa nyaman untuk bekerja sama dalam mendapatkan ilmu dan pengetahuan dari perguruan tinggi tersebut.

Perguruan tinggi sangat membutuhkan perantara dari kelompok masyarakat agar dapat menjembatani langsung civitas akademik dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Sehingga kegiatan seperti ini sangat besar sekali harapan dari kami dapat terus berkelanjutan.

Membentuk generasi cerdas berbudi luhur adalah tujuan dari setiap kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Universitas Bud Luhur”, demikian sambutan dari ibu Putri Suryandari, S.T., M.Ars sebagai Wakil Direktur bidang Pengabdian Kepada Masyarakat dan KKN Universitas Budi Luhur.

Bapak H. Liliek selaku Wakil Forum Kota Jaksel menjelaskan sebelum pembukaan,

“Kegiatan kerjasama ini sangat kami harapkan, tidak hanya pada kegiatan pelatihan komputer, namun juga dalam kegiatan di bidang lainnya. Misalnya dibidang sosial, komunikasi ataupun teknologi, perguruan tinggi dapat mendampingi kami dan masyarakat, bermitra bersama-sama untuk mendukung segala program pemerintah, khususnya penanganan kota tanpa kumuh. Sehingga kegiatan ini bisa terus berkelanjutan.”

Pelatihan Komputer Lembaga Keswadayaan Masyarakat KOTAKU Jakarta Selatan

Kegiatan pelatihan yang melibatkan 24 orang instruktur dan asisten instruktur yang berasal dari dosen Universitas Budi Luhur ini dibagi menjadi 4 kelas. Dimana setiap kelas dengan kapasitas 30 orang peserta ini dipandu oleh satu orang instruktur dengan dua orang asisten instruktur, sehingga setiap peserta bisa mendapatkan bimbingan yang maksimal.

Dalam sesi penutupan acara, harapan dari panitia juga peserta adalah agar kerjasama dan pelatihan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkesinambungan agar masyarakat mendapatkan manfaat dari  ilmu yang diperoleh secara optimal untuk dapat diterapkan dalam kegiatan di lingkungan LKM masing-masing.

Berita juga dimuat di www.tribunenews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *