KSM Nyiur Jadi Percontohan

Budiluhur, JAKARTA – Tertarik dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat asuhan Universitas Budi Luhur (UBL) Ksm Nyiur, Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Tata Ruang Kabupaten Brebes Jawa Tengah  tertarik untuk melakukan studi banding (30/10) guna mendorong, mengembangkan dan menata kawasan permukiman yang layak huni dan asri.

Kepala rombongan PU Bambang bersama rekan diterima senang hati oleh pihak UBL, diwakili prodi Arsitektur yang sudah berkiprah level nasional. Bambang menjelaskan, dalam rangka mendapatkan pengetahuan itu pihaknya akan sharing pengalaman dengan Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat UBL.

“Khususnya prodi Arsitektur,” kata Bambang. Selanjutnya dia menambahkan ingin berkunjung ke Ksm Nyiur dan terakhir kawasan pemukiman padat di Kelurahan Kamal Jakarta Pusat yang menurut informasi akan di kembangkan menjadi Kampung Wisata Petani Sampah. Oleh karenanya Bambang membawa anggota BKM, TIPP Program Penataan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK), Kasi PMD, Lurah/Kades dan Fasilitator Pendamping untuk melakukan study banding tersebut.

Direktur DRPM UBL. Krisna Adiyarta memaparkan kegiatan pemberdayaan masyarakat Petukangan Utara menuju Kampung Recycle, dan rencana pemberdayaan masyarakat Kamal, menuju Kampung Wisata Petani Sampah, dilanjutkan Deputy Rektor Bidang Akademik Wendi Usino, meresmikan dimulainya kegiatan Jambanisasi dari Yayasan Budi Luhur Cakti bagi masyarakat Kamal. Serta penyerahan perdana satu set tempat sampah (organik dan non organik) kepada Sekertaris Camat untuk di letakan di PAUD Melati.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat tidak akan berjalan, bila tidak ada kemitraan antara Perguruan Tinggi, Kelompok Swadaya Masyarakat dan Pemerintah. Satu kesatuan yang utuh inilah yang akan menjamin kegiatan pemberdayaan berlangsung dengan terkendali serta tepat sasaran.

“Kami  mohon dukungan dari semua pihak, agar apa yang kita harapkan bersama dapat terlaksana dengan baik”, pungkas Wendi.

Berita ini juga di publish di www.indonesianstudy.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *