Universitas Budi Luhur Goes Green and Clean: Kampanye Kampus Bebas Sampah

Budi Luhur, JAKARTA – Senin 16 Juni 2014,  mahasiswa Universitas Budi Luhur melaksanakan kegiatan Kampanye “Kampus Bebas Sampah”. Kegiatan kampanye ini adalah salah satu rangkaian kegiatan yang mendukung moto “Green and Clean” kampus Budi Luhur yang di canangkan sejak tahun 2012.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Kasih Hanggoro selaku Ketua Badan Pelaksana Harian Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Bapak Prof. c selaku Rektor Universitas Budi Luhur, Bapak Arief Wibowo selaku Direktur Akademi Sekretari Budi Luhur, serta para petinggi Universitas & Akademi Sekretari Budi Luhur lainnya.

Acara pertama pukul 09.00 WIB dimulai dengan sambutan dari Bapak Kasih Hanggoro selaku Ketua Badan Pelaksana Harian (KBPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Pada acara pembukaan kampanye, beliau tampil beda dengan berpakaian Jas lengkap. Alasan beliau cukup mengejutkan, kenapa beliau berpenampilan seperti itu karena, kepeduliannya dan penghormatannya pada SAMPAH.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Suryo Hapsoro Tri Utomo selaku Rektor Universitas Budi Luhur. Setelah sambutan, para tamu undangan diajak untuk bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Padamu Negeri, dan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ridho, mahasiswa Universitas Budi Luhur.

Hadir mendampingi KBPH Yayasan dalam pemukulan gong tanda di mulainya kampanye adalah, Rektor Univ. Budi Luhur Prof, Ir, Suryo Hapsoro Triutomo, PhD, Direktur Astri Budi Luhur Arief Wibowo M.Kom dan seluruh mahasiswa dari kelompok Blsafe.

Kegiatan kampanye yang juga melibatkan ibu-ibu PKK di lingkungan sekitar kampus, antara lain mengusung acara, Seminar “My Trash, My Inspiration” dengan tema Recycle sampah, Fashion show dari bahan baku sampah, penampilan musik dengan Alat musik perkakas dapur bekas, serta Lomba Reuse sampah yang ada di kampus.

Acara dilanjutkan pukul 10.00 dengan laporan dari Bapak Hakim selaku penanggungjawab lomba, mengenai lomba Reuse sampah, dan mengajak peserta lomba yang terdiri dari mahasiswa Universitas dan Akademi Sekretari Budi Luhur, menuju tempat pelaksanaan lomba di koridor Jakarta Broadcasting School Universitas Budi Luhur.

Lomba Reuse sampah, difokuskan menggunakan sampah yang ada di lingkungan kampus, bertujuan membuat mahasiswa semakin peduli akan arti pentingnya memperlakukan sampah dengan baik dan benar. Hadiah bagi pemenang lomba Reuse sampah ini berupa, voucher beasiswa pendidikan untuk pembayaran kuliah semerter Genap tahun ajaran 2013/2014. Panitia yang mengawal lomba ini adalah Himpunan Mahasiswa Arsitektur Budi Luhur, bekerja sama dengan mahasiswa kelompok BLsave.

Sungguh di luar dugaan, animo mahasiswa dalam mengikuti acara lomba reuse sampah yang pertama kali diadakan bagi mahasiswa di lingkungan internal kampus ini, sangat besar. Pendaftaran terpaksa di tutup karena sudah terdapat 35 kelompok pendaftar, dengan syarat satu kelompok adalah tiga orang. Target awal diharapkan terdapat minimal 11 kelompok peserta yang terdiri dari minimal satu kelompok per program studi di univ Budi Luhur yang berasal dari lima fakultas dan satu akademi sekertari.

Penjurian lomba Reuse ini semula akan di pimpin langsung oleh KBPH Yayasan, namun karena di waktu bersamaan ada musibah, maka penjurian di pimpin oleh Rektor Universitas Budi Luhur, dengan Anggota Direktur Humas, Promosi dan Kerjasama Bapak Brury S, Skom, Mkom, serta satu anggota dari praktisi sekaligus dosen dari Universitas kain Bapak Ir. Indartoyo, M.Arch.

Selama kegiatan lomba berlangsung, di Auditorium Universitas Budi Luhur berlangsung seminar “My Trash, My Inspiration” mulai pukul 10.00 WIB. Seminar ini menghadirkan dua orang pembicara yaitu Ibu Sri Rahayu, S.E., M.Si. selaku ketua Bank Sampah Rt05, Pinang Griya Permai, Tangerang, yang kebetulan beliau merupakan dosen di Universitas Budi Luhur, dan Bapak Mukafi Solihin dari Komunitas Lumintu Tangerang, dengan moderator Ibu Reni Hariyani, S.E., M.Akt. selaku dosen Universitas dan Akademi Sekretari Budi Luhur. Acara seminar berakhir pukul 12.00 WIB setelah sebelumnya diadakan sesi tanya jawab dengan enam orang penanya terbaik, yang mendapat doorprize berupa 5 hadiah dan 1 buah handphone.

Setelah seminar, acara dilanjutkan dengan Fashion Show dari bahan-bahan daur ulang yang dibawakan oleh 6 orang model mahasiswa Universitas dan Akademi Sekretari Budi Luhur, lalu dilanjutkan dengan penampilan perkusi dari Sirkus Percussion yang menggunakan alat musik yang terbuat dari barang bekas.

Pukul 12.30, para peserta dan tamu undangan dipersilahkan untuk menikmati hidangan makan siang yang telah tersedia di depan gedung Auditorium. Makanan-makanan ini disediakan oleh ibu-ibu pedagang makanan dari kantin Budi Luhur serta dari luar kampus. Terdapat stand ketupat sayur, ketoprak, somay, bakso, dan soto mie. Para peserta dan tamu undangan bisa menikmati salah satu menu dengan menukarkan kupon makan yang telah diberikan sebelum memasuki gedung Auditorium di awal acara

Lomba Reuse di tempat yang terpisah, berlangsung dari pukul 11.00 wib sampai dengan 15.00 wib. Juara pertama berhadiah voucher beasiswa pendidikan senilai 3 juta rupiah, di menangkan oleh kelompok Prodi Ekonomi, mengusung produck berjudul Black Furniture. Juara ke dua berhadiah voucher senilai 2,4 juta rupiah dari kelompok prodi TI bersama SI dengan judul produk Multi function dan Juara ketiga berhadiah voucer senilai 1,8 juta rupiah, dari kelompok akademi sekertari dengan produk Tas wanita.

Pukul 14.00 diadakan Operasi Semut mengumpulkan sampah yang diikuti oleh pengurus Budi Luhur Social Action for Empathy (BL SAfE), mulai dari tempat parkir belakang kampus, hingga depan kampus Universitas Budi Luhur.
Acara dilanjutkan pukul 15.00 dan dipindahkan ke depan lift unit 6, dengan penampilan penutup dari ASTRI Dance Crew di lapangan kampus Budi Luhur sebelum pengumuman pemenang lomba recycle.

Berita ini juga di publish di www.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *