Tim PKM Universitas Budi Luhur Kelola Sampah dengan Bank Sampah Online

Tim Pelaksana Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Budi Luhur sukses melaksanakan serangkaian kegiatan dalam rangka membantu meningkatkan kesadaran dan keterampilan warga terkait pengelolaan sampah secara digital dan produk daur ulang di Bank Sampah Matahari Kelurahan Pedurenan.

Pelaksanaan kegiatan ini diketuai oleh Titin Fatimah dengan anggota Anissa Amalia Mulya, Utomo Budiyanto, dan Atik Ariesta, serta melibatkan Bijan Austin Pratama, Rulli Sofansyah, dan Ines Andari sebagai perwakilan mahasiswa Universitas Budi Luhur. Kegiatan ini mendapat dukungan pendanaan dari Direktorat  Riset,  Teknologi,  dan  Pengabdian  kepada  Masyarakat, Direktorat  Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun Anggaran 2024.“Tujuan utamanya adalah untuk membantu mengurangi sampah dan secara umum menciptakan masyarakat yang lebih sadar lingkungan”, ungkap Titin.

Kegiatan ini diawali dengan pelatihan produk daur ulang dan dilanjutkan dengan sosialisasi pengelolaan bank sampah online melalui Aplikasi Mobile Bank Sampah Matahari.

Turut hadir pada kegiatan ini Ketua RW 08 Kelurahan Pedurenan, Gandung yang mengungkapkan bahwa semua kegiatan pengelolaan sampah ini memang sangat dibutuhkan oleh warga dan berharap dapat mewujudkan lingkungan yang bebas sampah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *